Soal Ujian Kompetensi Guru?

Beberapa hari ini trafik untuk pencarian soal UKG online 2012 sangat tinggi, lalu lintas pencarian bisa mencapai 7,610,000/0,24 detik. Sangat luar biasa. Hal tersebut merupakan bukti bahwa internet saat ini menjadi informasi alternatif pertama untuk mendapatkan suatu informasi. Dari satu sisi kita patut bersyukur bahwa akses infotmasi semakin cepat dan mudah, namun disisi lain kita juga patut khawatir akan pola prilaku “download” salah kaprah yang menisbikan potensi diri dengan “instanisasi” informasi.

Banyak alasan memang ketika rekan guru mencari informasi tentang soal UKG di internet, pertama mungkin ini kali pertama mereka akan mengikuti UKG sehingga seperti apa dan bagaimana UKG tersebut masih meraba-raba. Kata-kata “online” kadang menakutkan untuk sebagian guru yang memang belum memiliki pengetahuan tentang komputer dan internet. Ketiga guru kreatif, memiliki kemampuan dasar komputer dan mengerti internet tetapi prilaku “instanismenya” tinggi sehingga beranggapan dengan mendowload soal UKG pasti bisa menyelesaikan UKG tahun ini dengan nilai memuaskan.

Uji kompetensi guru diadakan sebenarnya untuk melihat potensi guru, karena kemampuan guru, juga ikut mempengaruhi kemampuan anak didiknya, misalnya nilai kelulusan ujian nasional. Setidaknya itu pernyataan Wakil menteri pendidikan dan kebudayaan Musliar Kasim.

Tujuan dan sasaran UKG

Tujuan UKG untuk pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru. Program pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penilaian kinerja guru wajib dilakukan setiap tahunnya sebagai persyaratan untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru.

Sasarannya semua guru yang mengajar di sekolah, baik guru yang bersertifikat pendidik maupun guru yang belum memiliki sertifikat pendidik,yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2012.

Lagi-lagi nilai ujian sehari menjadi alat ukur ke-profesionalan guru

Lagi-lagi nilai, begitulah keluh kesah seorang motivator dan konsultan pendidikan dalam satu sesi seminar yang pernah saya ikuti. Mungkinkah kinerja guru dan hal-hal yang mewakili seluruh ke-profesionalan guru bisa di nilai hanya dari keberhasilannya menyelesaikan soal-soal UKG? Sebuah pertanyaan? Jawabannya mungkin ya, dan alasannya mungkin pula penilaian melalui soal UKG ini hanya sebuah awal untuk penilaian berkelanjutan. Lalu apa benar guru yang berhasil menyelesaikan soal UKG dengan nilai 100 misalnya adalah guru yang sudah profesioanal? Untuk pertanyaan ini kita tak mungkin menjawabnya ya, alasannya panjang lebar dan akan menimbulkan perdebatan yang tidak populer antara kita (sebagai penanya) dan regulator pendidikan.

Padahal banyak guru yang sudah sepuh yang sudah mengabdi puluhan tahun di peloksok, yang boro-boro mengenal komputer untuk mendapat penerangan listrik pun sulit,  dan namanya masuk dalam peserta UKG apa mungkin kredibilitasnya hanya dinilai melalui soal-soal UKG? Lagi-lagi sebuah pertanyaan…

Tidak mempengaruhi tunjangan

Hahahha……..ini lucunya, ketar-ketir sebagian guru yang sudah meraskan manfaatnya tunjangan yang mereka terima lantaran takut kalau-kalau nanti tidak bisa menyelesaikan soal UKG akan berdampak pada dicabutnya tunjangan untuk mereka.

“Tak akan pengaruhi tunjangan profesi,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim. Jika ada yang tidak lolos ujian sertifikasi, maka akan diadakan pelatihan oleh Kemdikbud, tegasnya.

Lalu, untuk apa adanya sertifikasi guru yang prosesnya lama dari mulai pemberkasan sampai PLPG kalau masih dianggap belum profesional? kan UKG untuk mengetahui kompetensi guru, berarti yang sudah sertifikasi juga???????

 

Tag:

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: