Mengembalikan data yang hilang pada Komputer

dsc00027Apakah Anda pernah secara tidak sengaja menghapus file Anda, kemudian sudah meng-empty recycle bin? Atau Anda telah mem-format hard disk tapi ingin data Anda kembali? Atau data hilang / rusak karena virus? Atau karena komputer mati atau restart tiba-tiba? Ada cara untuk mengembalikan data yang hilang, yaitu dengan satu software yang sangat lengkap, yaitu Ontrack EasyRecovery Professional. Inilah cara-cara mengembalikan data Anda yang hilang .
Pertama Anda harus download dulu software tersebut, silakan klik di sini untuk download software Ontrack Easy Recovery Professional. Software ini menyediakan sebuah solusi yang sangat komplit sehubungan dengan data yang hilang atau urusan recovery data yang hilang karena:

1. Virus.
2. Sektor yang tidak terbaca
3. Kesalahan aplikasi, system, atau shut down yang tidak normal.
4. Kerusakan pada critical area.
5. Ter-format
6. Penyebab lain yang memungkinkan hilangnya data.

Software ini di-install pada Windows 98 SE, Me, 2000, or XP, dan dapat me-recover data untuk pada semua sistem windows. Software ini memiliki empat feature utama, yaitu:

1. Disk Diagnostics, yaitu tool untuk mengecek kondisi hardisk Anda apakah masih bagus atau tidak.
2. Data Recovery, yaitu tool untuk mengembalikan data / file karena terhapus, terformat, dan sebagainya.
3. Email Repair, yaitu tool untuk mengembalikan data email Outlook Express yang terhapus atau rusak.
4. File Repair, yaitu tool untuk memperbaiki data / file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang rusak karena virus atau sebab lain.

Mari kita lihat satu per satu fasilitas yang ada dalam software ini.
data-hilang-disk-diagnostics
1. Disk Diagnostics
Data hilang – Disk Diagnostics
Tool yang ada dalam Disk Diagnostics ini adalah:

* Data Advisor, untuk membuat disket recovery.
* Drive Tests, untuk mengetes kondisi fisik dari hard disk (disk drive).
* Jumper Viewer, untuk melihat posisi jumper pada hard disk.
* Partition Tests, untuk mengecek kondisi partisi hardisk.
* Size Manager, untuk melihat kapasitas hard disk
* SMART Tests, digunakan untuk mengetes kondisi Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology pada suatu hardisk.

2. Data Recovery
Data hilang – data recovery
Tool-tool yang ada dalam Data Recovery ini adalah:

* Advanced Recovery, untuk mencari data yang sudah tidak dapat di-recover dengan tool lain, yaitu karena ter-format, ter-partisi, virus, atau hal lain.
* Deleted Recovery, untuk mencari data yang sudah dihapus. Ini adalah tool yang paling sering dipakai penulis.
* Format Recovery, untuk mencari data pada hard disk yang sudah di-format.
* Raw Recovery, untuk mencari file yang hilang berdasarkan signature.
* Resume Recovery, semua proses recovery dapat dihentikan sementara dan dilanjutkan pada lain waktu.
* Emergency Media, untuk membuat disket atau CD yang digunakan untuk me-recover data / file hilang.

3. Email Repair, digunakan untuk mengembalikan data email Outlook dan Outlook Express yang hilang.
Data hilang – email repair
4. File Repair, digunakan untuk mengembalikan file-file Microsoft Office dan ZIP yang rusak. Tool ini dapat memperbaiki file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang corrupt / rusak karena virus atau sebab lain.
Data hilang – file repair
Data atau file yang hilang lebih sulit di-recover jika:

1. Anda menambahkan file baru setelah Anda menghapus atau memformat hard disk.
2. Anda menggunakan FAT32 dalam Windows XP.

sumber : http://dedenthea.wordpress.com/2008/04/05/gimana-caranya-mengem

Data hilang pada komputer biasanya disebabkan oleh :
1. terformat
2. terhapus
3. sengaja di delete
4. tempat penyimpanan rusak
5. terkena virus
kesalahan – kesalahan tersebut pada umumnya disebabkan oleh kecerobohan pemakai atau pemakai adalah user biasa ( pengguna yang cuma mampu mengoperasikan komputer secara biasa ) , atau kalalaian yang tak disengaaja. karena manusia tidak lepas dari sipat lalai dan lupa …cie.., atau mungkin karena ketidak tahuan dan minimnya pengetahuan tentang fungsi dan perangkat hadwere komputer secara benar.

seperti halnya penulis , yang kehilangan banyak data – data penting lantaran ketidak tahuan dan minimnya pengetahuan tentang fungsi dan hardwere secara benar tadi. namun itu menjadi pengalaman berharga yang untuk kemudian menjadikan penulis mau bertanya dan mencari tahu tentang hal – hal yang berkaitan dengan fungsi dan hardwere tadi.

memang kesalahan bisa membuat kita jadi lebih pintar . jadi jangan takut melakukan kesalahan , sebaab kesalahan akan membawa kita ke sesuatu hal yang membuat kita tahu.

kembali kemasalah penyebab data hilang tadi,
lain penyebab lain pula cara mengatasinya kalau dalam ilmu kedokteran mungkin lain pula cara mendiagnosanya :

Jika data hilang akibat terformat,terhapus atau sengaja di delete sangat gampang utuk dikembalikan selama data yang hilang itu belum terhimpit oleh data lain.pada konsepnya dalam media penyimpanan data yang dihapus pun masih ada, cuma tak terlihat dan data tersebut masih menempati ruang yang sama pada saat data tersebut belum dihapus.Hanya saja jika kita memasukkan data laink ketempat data yang kita hapus tadi berada dan secara disengaja atau tidak data itu berhimpitan maka akan semakin sulitlah untuk kita bisa mengembalikannya namun ini bukan hal yang mustahil,hanya saja lebih membutuhkan penangan dari pihak profesional.
nah sekarang anggaplah data kita hilang teteapi belum berhimpitan dengan data lainnya.Cara termuudah adalah dengan menggunakan software-software recovery yang banyak tersedia di internet baik itu secara berbayar ataupun gratis.Salah satu software yang direkomendasikan selain software diatas adalah :

getdataback
getdataback2

hal lainnya jika hal ini disebabkan oleh data hilang karna rusaknya media penyimpana,hal ini akan jauh lebih sulit karna membutuhkan keahlian di bidang elektronika,jadi coba hubungi pihak-pihak yang sudah profesional dalam bidang ini,namun jangan asal coba-coba karna bisa berakibat fatal.

nah yang paling mengesalkan adalah jika data kita hilang karena terinfeksi virus.terutama virus indonesia yang bikit sakit hati karna sangat memakan memory sehingga membuat jalan komputer jadi lambat kayak siput.langkah pertama scan dulu komputer anda dan pastikan sudah terbebas dari virus, lalu lakukan pengemablian data.pengembalian data hanya dimungkinkan jika virus yang menyerang adalah virus yang melakukan super hidden kepada data-data kita,namun pada umumnya virus indonesia adalah kategori ini jadi ga ada salahnya dicoba.

cobalah lihat ke sistem tools nya yang ersedia di fasilitas komputer anda biasanya berada di star+acesories+sistem tools. dari sitem tools inilah kita bisa mendeteksi keberadaan data kita apakah masih ada atau tidak , masih ada jika sebelumnya kita telah melakukan back up data .dan jika di sini data kita sudah tidak terdeteksi lagi maka kita lanjutkan ke Divice Manager , disini juga kita bisa mendeteksi keberadaan data kita ( untuk caranya tanya kepada yang lebih tahu , karena terlalu rumit untuk diterangkan disini ), nah kalau cara tadi masih juga belum bisa mendeteksi keberadaan data kita . langkah selanjutnya tiada lain kita mesti masuk ke Comand froms komputer anda , caranya :
masuk start +Run
ketik cmd
tekan oke atau enter
cmd
kemudian setelah masuk ke comand promf , ketikan cd..tekan enter, cd..tekan enter. maka anda akan dibawa ke drive dimana anda menyimpan data tersebut.
misalnya anda menyimpan data di drive D maka ketikan D pada C>D: selanjutnya tekan enter
maka anda akan dibawa keruang direktori penyimpanan data anda , disini kita bisa lihat dat-data kita lengkap dengan tanggal dan tahun penyimpanan data tersebut.
attrib

jika masih tidak terdeteksi maka ketikan :
D:>attrib – h-r-s *.*/s/d
2

dan untuk Drive lain ketikan hal yang sama seperti contoh pada Drive D tersebut.

6 Komentar to “Mengembalikan data yang hilang pada Komputer”

  1. btw gmn caranya download nya kok gak ada link tuk downloadnya ya?

  2. iya niiih .. gak ada link tuk downloadnya ya

  3. halo, slm knl…saya mau nanya donk gini laptop saya kan kena virus sality A-D trs mo direcovery pke CD dr bawaan laptop eh malah kembali jd 1 partisi, jd data drive D sama E hlg krn kembali jd Drive C doank, trs krn virusnya msh nyerang win32 aku, laptop aku diformat utk ke 2X, br aku cba pke Ontrack EasyRecovery Professional yg trial, pertanyaan saya knp data D&E yg tdnya hlg yg saya cari pke Format Recovery gk dpt????
    Mohon jawaban& solusinya thanx B4…

  4. data saya hilang dan belum ada yang bisa mengembalikanya..kata teknisi data saya udah gak bisa diselamatkan lagi..aduh gimana donk…data itu penting banget dan harus ketemu…mohon bantuanya..terimakasih

  5. Ada kemungkinan teknisi anda benar, tp ada kemungkinan jg salah, coba deh gunakan software recovery yg bagus, atau anda bisa melacaknya melalui comand promnt komputer anda, coba mudah2an dt tsb masih bisa diselamatkan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: